Blogroll

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat [Ibrani 11:1]. Ia mencahayai dan membaharui akal budi. Akal budi yang diterangi iman mendorong manusia memilih apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna [Lih Roma 12:2]

Abraham Bukan Yahudi?

Allah membuat sebuah pernyataan yang cukup menarik.

[3.67] Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik."

Jadi, Abraham bukan seorang Yahudi dan juga bukan seorang Nasrani. Pernyataan Allah tersebut: “Seorang Yahudi/Nasrani dikontraskan dengan “Seorang yang lurus lagi berserah diri” tidak masuk akal, kecuali Yahudi/Nasrani adalah seorang yang tidak lurus dan tidak berserah diri. Jika itu yang terjadi, maka Allah memberi pernyataan yang sangat rancu sebab Yahudi dan Nasrani tidak sama dengan seorang yang tidak lurus dan berserah diri. Lagi pula dalam sejarah Yahudi dan Nasrani terdapat tokoh-tokoh atau orang-orang yang berserah diri dan lurus (antara lain Daud, Sulaiman, Isa dll).
Selain itu Allah memberi pernyataan bahwa Abraham mempunyai agama. Sayangnya Al-Quran tidak memberi penjelasan yang lebih rinci. Siapa nabinya Abraham, apa kitabnya dan siapa Tuhannya.

“[4.125] Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.”
Sebaliknya, Alkitab tidak memberi kesaksian tentang agama Abraham. Abraham dipilih oleh Yahwe untuk menjadi berkat bagi semua kaum dimuka bumi

“Berfirmanlah Tuhan kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, danmengutuk orang-orang yangmengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat” (Kej 12:1-3)

4 komentar:

lo tau apa itu berserah diri namanya Aslamtu artinya berserah diri
ISLAM = tunduk dan patuh ( berserah diri )
agama dari dulu ya ketauhidan, lo tau apa itu ketauhidan ??
buat PR loe aja y
besol kumpulin

lo pergi ke perpus cari referensi yang valid dasn obyektif tanpa harus ada celaan agar lo ga tersesat

131. Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam".
132. Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam".133. Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
134. Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.
135. Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah : "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik".
SEBAB TURUNNYA AYAT: Diketengahkan oleh Ibnu Abu Hatim dari jalur Said atau oleh Ikrimah dari Ibnu Abbas, katanya, "Berkata Ibnu Shuria kepada Nabi saw., 'Tidak ada petunjuk, melainkan yang kami anut, maka ikutilah kami hai Muhammad, niscaya Anda akan beroleh petunjuk pula!'" Orang-orang Kristen mengatakan seperti itu pula, maka Allah pun menurunkan, "Dan mereka berkata, 'Jadilah kamu sebagai penganut agama Yahudi atau Kristen, niscaya kamu beroleh petunjuk!'" (Q.S. Al-Baqarah 135).
136. Katakanlah (hai orang-orang mu'min): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".

Anonim dan S4j4s22, untuk membedakan Yahudi dan Nasrani sebagai bangsa dan agama saja Allah SWT tidak bisa, sekarang pertanyaan simpel saja kalau abraham bukan seorang Yahudi, jadi dia seorang apa Ibrani, Arab, atau apa, tolong anda berdua jawab

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More