Blogroll

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat [Ibrani 11:1]. Ia mencahayai dan membaharui akal budi. Akal budi yang diterangi iman mendorong manusia memilih apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna [Lih Roma 12:2]

Isa Almasih Pernah Mati

Menurut Muslim (lihat no 12); Isa tidak mati. Pernyataan ini mengandung kebenaran. Pada kenyataannya, Isa memang tidak mati; tetapi Isa pernah mati dan kemudian bangkit untuk hidup selama-lamanya. Apanya yang mati? Yang mati adalah tubuh fisikNya. Kenyataan seperti ini pasti dialami oleh semua manusia. Tetapi fisik mati, kemudian hidup kembali adalah khas Yesus; belum dialami oleh manusia (terutama mereka yang telah mati dan menolak Yesus). Sedangkan, mati dalam arti “dari ada menjadi tidak ada/lenyap tak berbekas” adalah tidak mungkin. Jiwa manusia bersifat kekal dan ia tidak mengalami kematian. Alkitab memberi penjelasan yang kuat kepada kita. Penjelasan ini tidak hanya dapat kita temukan dalam Perjanjian Baru; tetapi juga dapat dilihat dalam Perjanjian Lama. Kematian Yesus (fisik) telah diramalkan oleh nabi-nabi Perjanjian Lama.

“Tuhan Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati, Engkau menghidupkan aku diantara mereka yang turun ke liang kubur” (Mzr 30:4). Tidak hanya itu, nabi Yesaya meramalkan pula kematianNya. “Sungguh ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umatKu ia kena tulah. Orang menempatkan kuburnya diantara orang-ornag fasik dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya” (Yes 53:8-9).

Jadi kematian Isa ini telah diramalkan 700 tahun sebelum Ia hadir ke dunia ini. Selain para nabi, Isa sendiri meramalkan kematiannya. (Silahkan baca keseluruhan keempat Injil). Ia uni dan Istimewa. Maut tidak menguasai Dia. Tanah yang terkutuk tidak sanggup menampung Dia sebab Ia berkuasa membangkitkan diriNya dari alam maut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More