Blogroll

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat [Ibrani 11:1]. Ia mencahayai dan membaharui akal budi. Akal budi yang diterangi iman mendorong manusia memilih apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna [Lih Roma 12:2]

Alquran Menghapus Taurat, Zabur dan Injil

“Di antara landasan akidah Islam, bahwa  “al-Quran” adalah kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah swt kepada manusia, dan al-Quran’an MENGHAPUSKAN KITAB-KITAB YANG PERNAH DITURUNKAN SEBELUMNYA; Taurat, Zabur dan Injil. Dan dengan demikian maka tidak ada satu kitab pun di muka bumi ini yang dapat dijadikan pegangan beribadah kepada Allah swt kecuali al-Quran”. 

Akidah Islam ini didasarkan pada surat 5.48 sebagaimana dikutip dalam buku Sosok Isa dalam Soroan Ulama hlm. 138. Kami kutip pernyataan Alquran secara lengkap berikut ini.

[5.48] Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, [5.49] dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik. 

Kedua teks sama sekali tidak menghapuskan kitab Taurat, Zabur dan Injil. Hal yang dikemukan dalam keda ayat di atas adalah sebagai berikut:

1. Alquran membenarkan Taurat, Zabur dan Injil.
2. Alquran membenarkan berarti “menyatakan benar” bahwa Taurat, Zabur dan Injil mengandung kebenaran yang harus diikuti bukan dihapus. 
3. Alquran adalah batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu.
4. Alquran menjadi batu uji berarti bahwa kitab-kitab itu harus sejalan, tidak boleh saling bertentang satu sama lain.
5. Alquran tidak dapat dipakai sebagai satu-satunya kitab yang benar sebab masih ada Taurat, Zabur dan Injil, ditambah pula Alquran menambah kedurhakaan dan kekafiran orang Yahudi (QS 5:64). 
6. Memutuskan perkara mereka (Yahudi dan Narani) menurut apa yang Allah turunkan kepada mereka (lihat juga QS 5:44) sebab tiap-tiap umat diberikan aturan dan jalan yang terang
7. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang.
8. Allah tidak menjadikan manusia satu umat saja
9. Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, 
10. Ajakan berlomba-lombalah berbuat kebajikan, bukan berlomba-lomba menghapus kitab suci yang telah diturunkan oleh Allah sebelum Alquran 

Nah, siapakah yang menghapus Taurat, Zabur dan Injil? Jawabannya adalah para Ulama yang tidak mengerti Alqurannya. Dengan demikian akidah iman Islam yang dirumuskan oleh para ulama itu rontok. Perhatikan ayat Allah berikut ini: 

[5.66] Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Al Qur'an) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka. 

1 komentar:

oh gitu ya kang? makasih ya pembahasannya

bunga

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More