Blogroll

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat [Ibrani 11:1]. Ia mencahayai dan membaharui akal budi. Akal budi yang diterangi iman mendorong manusia memilih apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna [Lih Roma 12:2]

Indikasi Trinitas dalam Alquran


Alquran pada dasarnya mengindikasikan adanya gagasan Trinitas.

“[4.171] Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara." Ingat!, kalimat yang ada dalam kurung adalah tambahan komentator Islam.!

Teks yang sebenarnya adalah “

[4.171] Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah UTUSAN ALLAH dan KALIMATNYA yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan ROH DARINYA Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "tiga", berhentilah lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.”

Perkataan yang benar menurut teks di atas adalah:

1. Jangan mengatakan terhadap ALLAH kecuali yang benar
2. Isa Putra Maryam adalah UTUSAN ALLAH
3. Isa Putra Maryam adalah KALIMAT (FIRMAN) ALLAH
4. Isa Putra Maryam adalah ROH ALLAH (ROH DARINYA)
5. Beriman kepada Allah dan RasulNya
6. Jangan mengatakan “Tiga” (Maksudnya Tiga Allah, Allah ada tiga)
7. Maha Suci Allah dari mempunyai Anak (Allah tidak mungkin punya anak)

Dalam teks di atas terkandung tiga oknum: Allah, Kalimat Allah dan Roh Allah. Kalau benar Isa Almasih adalah Kalimat Allah, maka Isa Almasih dari kodratnya sehakikat dengan Allah. Adakah Allah terpisah dari “KalimatNya”. Jika “Kalimat” terpisah dari Allah, maka “Kalimat” tersebut tidak dapat dikatakan “Kalimat Allah”. Karena teks menegaskan bahwa Isa Putra Maryam adalah “Kalimat Allah”, maka suka atau tidak suka Isa Putra Maryam SEHAKIKAT dengan Allah. Isa Putra Maryam memiliki Esensi, Kodrat, Dzat yang sama dan setara dengan Allah. Kalau benar, Isa Putra Maryam adalah Roh Allah [Roh dariNya], maka dari kodratnya Isa Putra Maryam SEHAKIKAT dengan Allah. Jika Roh terpisah dari Allah, maka Roh tidak dapat dikatakan Roh Allah. Karena teks menegaskan bahwa Isa Putra Maryam adalah “Roh Allah”, maka suka atau tidak suka Isa Putra Maryam SEHAKIKAT dengan Allah. Isa Putra Maryam memiliki Esensi, Kodrat, Dzat yang sama dan setara dengan Allah. Jadi, Isa Putra Maryam adalah “UTUSAN ALLAH” dan “KALIMAT ALLAH” dan “ROH ALLAH”, dengan kata lain Isa Putra Maryam adalah “Kalimat Allah dan Roh Allah sendiri”. Itu berarti di dalam Allah “ada Kalimat” dan “ada Roh”. “Kalimat Allah dan Roh Allah” itu bereksistensi sebab “Kalimat Allah dan Roh Allah” adalah UTUSAN ALLAH. Jika KALIMAT Allah dimengerti semata-mata “kalimat sebagai kalimat”, maka hal itu mustahil. Kalimat sebagai kalimat tidak mungkin disebut UTUSAN ALLAH. “Kalimat” dapat disebut sebagai UTUSAN mengandaikan Dia adalah Pribadi Allah (Sosok yang sehakikat dengan Allah yang mengutusaNya”.Karena “Roh Allah” disebut juga sebagai UTUSAN ALLAH, maka harus diandaikan bahwa Roh Allah itu bereksistensi. Kalau Roh Allah itu bereksistensi, maka Dia juga adalah Pribadi Allah. Kesimpulannya, “Ada tiga Pribadi dalam satu HAKIKAT ke-Allah-an. Itulah gagasan “Tritunggal Maha Kudus”, satu hakikat (ke-Allah-an) dalam Tiga Pribadi (Bapa dan Putera dan Roh Kudus).



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More